Wajah Baru dan Beragam Inovasi, GoBiz Jadi GoFood Merchant

Gojek hari ini mengumumkan melalui rilis kehadiran aplikasi GoFood Merchant. Ditujukan untuk Mitra Usaha GoFood, GoFood Merchant sebelumnya bernama GoBiz. Gojek menjelaskan GoFood Merchant datang dengan wajah baru dan disertai dengan beragam inovasi untuk makin mendukung para pelaku usaha kuliner daring. Gojek berharap agar para pelaku usaha kuliner daring itu makin naik kelas melalui teknologi yang lebih andal, efisien, dan sesuai kebutuhan bisnis saat ini.

“Pemanfaatan teknologi menjadi kunci yang mendorong pertumbuhan para Mitra Usaha di GoFood. Sejak 2018, aplikasi yang sebelumnya dikenal dengan nama GoBiz ini telah membantu jutaan Mitra Usaha untuk beradaptasi dengan teknologi digital dan memudahkan pengelolaan operasional bisnis. Pembaruan aplikasi GoBiz menjadi GoFood Merchant menandai konsistensi kami dalam menghadirkan #JalanPintarJualan melalui inovasi teknologi dari waktu ke waktu,” kata Sovan Kumar Ganguly (Head of Food, Ads, and Merchants Gojek).

Terdapat tiga pilar utama pengembangan yang dilakukan Gojek yang hadir pada GoFood Merchant. Beragam pengembangan ini adalah terhadap fasilitas-fasilitas yang sudah tersedia sebelumnya pada GoBiz. Berikut adalah ketiga pilar utama tersebut, sesuai dengan yang dikutip dari rilis yang diterima.

  1. Operasional. Fitur “Kelola Menu Sekaligus” memberikan kemudahan dan kepraktisan Mitra Usaha GoFood yang memiliki lebih dari satu outlet (multi-outlet) mengedit dan mengunggah menu secara massal. Mitra Usaha GoFood juga dapat menambahkan outlet baru dan mengubah informasi outlet secara mandiri di dalam aplikasi GoFood Merchant.
  2. Pengelolaan Keuangan. Pengawasan usaha yang lebih baik lewat pencairan dana dan laporan penjualan harian. Fitur ini membantu para Mitra Usaha untuk mengelola keuangan secara lebih efektif khususnya bagi yang baru membangun usahanya.
  3. Pengelolaan Promo dan Iklan. Ragam promo dan iklan GoFood memberi fleksibilitas bagi Mitra Usaha dalam menentukan anggaran dan jenis promo yang sesuai. Lewat dukungan teknologi dan fitur Promo Rekomendasi berbasis machine learning, Mitra Usaha juga dibantu menyusun strategi yang lebih tepat sasaran. Semua penawaran telah dikurasi oleh tim GoFood untuk hasil optimal dan eksposur maksimal.

Selain itu, Gojek juga mengeklaim berkomitmen untuk mendukung lebih banyak pelaku usaha kuliner untuk tumbuh dan berkembang. Pendaftaran Mitra Usaha GoFood kini bisa dilakukan dalam waktu kurang dari 5 menit. Namun, Gojek menegaskan tetap memastikan keaslian data pemilik usaha melalui sistem verifikasi identitas yang sesuai standar industri. Dengannya, Gojek menjamin GoFood tetap aman diakses oleh para pelaku usaha kuliner yang ingin menjangkau jutaan pelanggan secara digital.

Pengembangan GoFood Merchant.
Beberapa pengembangan pada GoFood Merchant. (dok. Gojek)