Accenture Berencana Mengakuisisi Jixie dan Bisnisnya di Tanah Air

Accenture hari Kamis lalu di Jakarta menyampaikan bahwa dirinya berencana untuk mengakuisisi Jixie dan bisnisnya di Indonesia. Dengan akuisisi yang dimaksud, platform pemasaran digital Jixie dan timnya akan diintegrasikan dengan Accenture untuk memperkuat kemampuan dan sumber daya transformasi pemasaran Accenture melalui Accenture Song. Akuisisi Jixie diyakini membuat Accenture makin bisa membantu para perusahaan di Indonesia menghadirkan pengalaman yang lebih personal untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan demi pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Jixie merupakan perusahaan teknologi media yang menyediakan data intelligence berbasis AI (artificial intelligence) untuk industri media dan pemasaran, seperti penerbit dan pengiklan. Jixie menawarkan berbagai perangkat monetisasi dan pertumbuhan pemasaran yang komprehensif. Berkantor pusat di Singapura, layanan Jixie berfokus pada perusahaan-perusahaan di tanah air. Accenture Song sendiri sebelumnya bernama Accenture Interactive dan bisa dibilang merupakan layanan pemasaran digital Accenture. Accenture menyebut Accenture Song sebagai grup kreatif yang ditenagai teknologi.

Platform yang ditawarkan Jixie adalah sebuah ekosistem periklanan. Platform ini diklaim sangat mumpuni dalam menghubungkan penerbit dan pemilik merek dengan kemampuan untuk menciptakan solusi bersama menggunakan insight dari para pelanggan yang dapat diandalkan. Hal bersangkutan disebutkan mampu mengubah proses pemasaran, dari yang tadinya sangat terfragmentasi dengan kontrol yang terbatas, menjadi suatu prioritas yang strategis, yang memberikan kemudahan, tetapi tetap menjaga keamanan merek serta privasi dan data konsumen.

“Konvergensi antara pemasaran, data science, dan teknologi menciptakan peluang bagi bisnis untuk mendefinisikan ulang model engagement dengan pelanggan. Solusi pemasaran digital yang cerdas dari Jixie akan melengkapi keahlian kami di bidang teknologi, sehingga memberikan proposisi yang unggul bagi para pelaku bisnis untuk menghadirkan tingkat personalisasi dan efektivitas yang lebih tinggi dalam upaya pemasaran mereka. Akuisisi ini akan memungkinkan kami untuk melayani klien kami dengan lebih baik dalam menavigasi tantangan pemasaran yang kompleks di era dunia digital yang saling terhubung ini, yang tentunya sangat penting dalam mendorong pertumbuhan jangka panjang,” ujar Jayant Bhargava (Country Managing Director Accenture Indonesia).

“Jixie telah terbukti sukses dalam kapabilitas kinerja pemasarannya yang meningkatkan pendapatan para publisher dan membentuk suatu ekosistem yang telah berhasil menarik para pengiklan untuk menjalankan berbagai kampanye yang sukses. Langkah selanjutnya bagi kami adalah meningkatkan skala. Kami sangat senang dapat bergabung dengan Accenture dan berkontribusi dalam membentuk industri media yang lebih berkelanjutan, membantu perusahaan-perusahaan untuk memanfaatkan data mereka dengan cara yang terpercaya dan menguntungkan dalam melayani para pelanggannya,” sebut Vincent Martin (Co-founder dan Managing Director Jixie).

Accenture menambahkan integrasi platform Jixie ke dalam kapabilitas pemasaran Accenture Song akan membantu perusahaan yang menjadi klien mengoptimalkan data pelanggan secara efektif dan efisien. Hal itu akan membantu menghasilkan berbagai informasi yang dapat digunakan untuk mengambil keputusan, meraih kembali kendali, kecepatan, dan kepercayaan yang dibutuhkan untuk memanfaatkan ekonomi digital Indonesia yang berkembang pesat. Accenture menegaskan pula bahwa ekonomi digital Indonesia diproyeksikan mencapai US$146 miliar pada tahun 2025 dan akan meningkat hingga delapan kali lipat pada tahun 2030.

“Nilai dari suatu data dalam ekonomi digital yang terus berubah dengan cepat saat ini sangatlah besar, dan ekosistem media digital telah mengalami banyak disrupsi, termasuk hilangnya cookie dari pihak ketiga. Jixie adalah platform yang memiliki dampak besar dalam memperkuat perspektif dari para penerbit dan menyederhanakan pengalaman pemasaran digital mereka. Investasi ini akan memperluas upaya transformasi pemasaran dan perdagangan berbasis data dari Accenture Song di Indonesia, yang memperkuat para klien dengan berbagai solusi yang sangat relevan dan berbasis hasil untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan,” kata Joseph Tan (Indonesia Lead untuk Accenture Song).

Via platform yang ditawarkan Jixie, para penerbit bisa mengakses berbagai perkakas monetisasi, seperti solusi header-bidding dan performance marketing untuk meningkatkan pendapatan dari iklan. Pemilik-pemilik merek juga dapat meningkatkan dan mengintegrasikan konten dengan aman tanpa perantara, sehingga bisa memanfaatkan aneka informasi yang berharga untuk menciptakan keterlibatan merek yang unik dan bermakna. Platform Jixie diklaim dapat membantu para penerbit meningkatkan hasil monetisasinya serta membantu pemilik-pemilik merek meningkatkan rasio klik per tayang dan rasio percakapan.