Di era digital seperti sekarang, berbelanja kebutuhan sehari-hari maupun bulanan secara daring makin diminati. Tidak hanya menghemat waktu, namun juga biaya transportasi dan tenaga. Jika dilihat secara angka, nilai pasar e-grocery di Indonesia dianggap sebagai salah satu pasar terbesar di Asia Tenggara. Statista memproyeksikan bahwa pasar e-grocery di Indonesia, yang pada tahun 2022 diperkirakan mencatat total penjualan sebesar USD 2,6 triliun, akan terus bertumbuh dan mencapai USD 5,6 triliun di 2026.
Belum lama ini, KingKong Meats, perusahaan e-grocery yang juga terafiliasi sebagai Mitra Bukalapak melakukan kerjasama dengan Blitz Electric Mobility (BLITZ) sebagai penyedia solusi end-to-end untuk logistik berkelanjutan. Melalui kerjasama tersebut, BLITZ akan mentranformasi pengiriman KingKong Meats menjadi armada elektrik sepenuhnya per Februari 2023 lalu.
“Kami berkomitmen mewujudkan pengiriman produk segar dan cepat untuk pelanggan serta meningkatkan efisiensi bisnis. Oleh karena itu, Blitz Electric Mobility dan KingKong Meats Mitra Bukalapak berkolaborasi dalam layanan pesan antar grocery online,” ujar Saivya Chauhan, Pendiri dan CEO BLITZ.
Saivya menjelaskan bahwa dalam era di mana terdapat beragam opsi pengiriman saat ini, perusahaan e-grocery seperti KingKong Meats perlu terus tumbuh dengan menarik pelanggan dan meningkatkan profitabilitas. Sehingga diperlukan layanan logistik yang dapat menciptakan efisiensi biaya dasar layanan pengiriman.
“Dengan menggunakan layanan BLITZ, bisnis dapat langsung memanfaatkan keuntungan penggunaan kendaraan listrik yang lebih efisien, serta merencanakan rute dan waktu pengiriman secara lebih cerdas dan optimal,” lanjut Saivya.
Saivya menambahkan, selain mengoptimalkan efisiensi pengiriman, BLITZ juga memahami pentingnya faktor biaya dalam keputusan pelanggan untuk melakukan pemesanan. “Melalui harga yang disesuaikan dengan kinerja perangkat lunak (software) Fleet and Data Telematic (SaaS) kami, kami berkomitmen untuk terus memenuhi kepuasan pelanggan,” ujar Saivya menambahkan.
Kolaborasi BLITZ dan KingKong Meats juga memungkinkan pemuatan barang kiriman lebih banyak hingga 180 kg (termasuk berat badan kurir) untuk setiap motor listrik BLITZ. KingKong Meats kini juga bisa lebih fleksibel dan melayani pengiriman lebih dari 20 Km, berkat adanya hub BLITZ di berbagai kota yang melayani co-storage dan co-arrangement barang-barang pesanan pelanggan. Dari segi waktu, BLITZ mampu mempersingkat waktu pengiriman sebanyak 16% dengan biaya per pengiriman lebih rendah sebesar 42% dan peningkatan level performa hingga 50%.
KingKong Meats yang beroperasi sejak 2021 ini menawarkan produk daging, telur, makanan beku, serta bumbu dapur berkualitas tinggi. Saat ini, perusahaan e-grocery tersebut melayani pelanggan yang berada di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.