Mengoptimalkan produktivitas hari kerja. Kemampuan agentic AI yang proaktif bisa membantu menangani pekerjaan-pekerjaan yang bersifat administratif sehingga para pengguna bisa lebih fokus pada pekerjaan-pekerjaan yang penting. Fitur baru seperti “luangkan waktu saya”, persiapan rapat, bantuan grup, dan rekomendasi selama rapat berlangsung bisa membantu suatu pengguna tetap terinformasi pada waktu yang tepat, sehingga pekerjaan bisa diselesaikan secara lebih efisien.
AI Companion, dengan prompt yang kini lebih fokus pada hasil, bisa membantu para pengguna mengidentifikasi, memprioritaskan, dan menyelesaikan pekerjaan di seluruh platform Zoom, termasuk rapat, panggilan telepon, percakapan, dan e-mail, sehingga tidak ada tugas yang terlewat.
Membolehkan hasil kerja berkualiats lebih tinggi secara lebih cepat. Suatu pengguna bisa berinteraksi dengan AI Companion layaknya rekan kerja untuk meningkatkan kualitas hasil kerja tanpa perlu memberikan arahan berlebih. Pasalnya AI Companion sudah memahami konteks pekerjaan pengguna bersangkutan. AI Companion juga memahami topik percakapan terkini dan yang paling sering dibahas, juga proyek-proyek penting, sehingga AI Companion mampu memberikan saran untuk langkah selanjutnya dan memberikan respons yang sesuai untuk kebutuhan sang pengguna dalam memberikan hasil kerja terbaik.
AI Companion 3.0 memperkenalkan tampilan platform kerja baru pada peramban dan aplikasi desktop Zoom Workplace untuk menghadirkan pengalaman menggunakan AI yang harmonis di mana pun pengguna bekerja. Tampilan kerja ini dapat beradaptasi secara dinamis dan memberikan informasi dari berbagai sumber sehingga menjadi informasi terpadu yang bisa ditindaklanjuti.
Menghadirkan inovasi-inovasi platform AI tingkat lanjut. Terdapat beberapa fitur AI baru yang dihadirkan di Zoom Workplace, seperti avatar yang membuat rapat terasa lebih realistis, kemampuan menghasilkan klip video dari presentasi, serta dukungan untuk MCP (Model Context Protocol) yang memungkinkan para pelanggan dan pengembang menyesuaikan berbagai perkakas bagi pelanggan dan menyesuaikan aneka agen virtual.
Ada juga fitur terjemahan suara real-time di Zoom Meetings sehingga suatu pengguna bisa lebih mudah berkolaborasi dengan rekan kerja maupun mitra global. Zoom pun mengeklaim kualitas terjemahannya unggul di industri.
Zoom Business Services
Zoom Business Services adalah sekumpulan perkakas dan layanan untuk membantu para bisnis membangun hubungan yang setia dan tahan lama dengan para pelanggan pada setiap tahap perjalanan pelanggan. Terdapat inovasi-inovasi pada CX (Customer Experience) dan ZVA (Zoom Virtual Agent), termasuk fitur-fitur berbasis AI yang membantu meningkatkan kinerja agen, yang bisa meningkatkan pengalaman pengguna bagi para pelanggan dan karyawan bisnis-bisnis yang menggunakan Zoom Business Services serta memberikan aneka insight yang bisa ditindaklanjuti.
Beberapa inovasi pada CX yang dimaksud adalah kemampuan untuk mengotomatisasi pekerjaan suatu agen dengan Agentic AI Expert Assist, menggali informasi dari data para pelanggan melalui CX Insight, dan memperluas pengawasan terhadap mutu interaksi suatu pelanggan dengan suatu agen virtual. Sementara itu, inovasi pada ZVA adalah fitur “bawa suara Anda sendiri” sehingga suatu perusahaan bisa menciptakan pengalaman interaksi dengan para pelanggan secara lebih konsisten dan sesuai dengan karakter sang perusahaan.
Selain itu, ada pula ZRA (Zoom Revenue Accelerator). Dengannya Zoom mengeklaim membawa kekuatan agentic AI ke tahap awal perjalanan pelanggan. Melalui ZRA, tim penjual bisa mengandalkan kemampuan AI untuk menangani pekerjaan berat, seperti mencari calon-calon pelanggan, menghubungi para calon pelanggan, dan menjadwalkan pertemuan dengan calon-calon pelanggan.
